Tugas 11 Proyek Pemrograman
1. Scrum Master:
- Memastikan tim memahami dan mengikuti praktik Scrum dengan benar, serta memberikan bimbingan jika diperlukan.
- Membantu tim untuk menyelesaikan tugas-tugas sprint dengan menghilangkan hambatan dan mengatur sumber daya yang diperlukan.
- Memfasilitasi diskusi dan perdebatan dalam tim untuk mencapai kesepakatan tentang cara terbaik untuk melanjutkan.
- Melakukan pemantauan terhadap kemajuan sprint dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan proses.
2. Product Owner:
- Mengembangkan dan mempertahankan visi produk, serta mengkomunikasikannya secara jelas kepada tim pengembangan.
- Berinteraksi secara aktif dengan pemangku kepentingan untuk memahami kebutuhan mereka dan menggambarkannya sebagai elemen backlog produk.
- Mengatur prioritas untuk item-item backlog berdasarkan pada nilai bisnis dan kebutuhan pelanggan.
- Berpartisipasi dalam setiap pertemuan sprint untuk memberikan klarifikasi dan umpan balik atas fitur-fitur yang dikembangkan.
3. Front End Developer:
- Menerjemahkan desain UI/UX menjadi kode-kode yang dapat dijalankan di browser, dengan fokus pada kualitas tampilan dan responsifitas.
- Mengoptimalkan kinerja website melalui teknik-teknik seperti lazy loading, kompresi gambar, dan caching.
- Menjaga konsistensi antarmuka pengguna dengan menggunakan prinsip-prinsip desain dan gaya yang telah ditetapkan.
- Berkolaborasi dengan tim back end untuk mengintegrasikan antarmuka pengguna dengan logika bisnis dan basis data.
4. Back End Developer: Brian Bintg
- Merancang, mengembangkan, dan memelihara server, basis data, dan logika bisnis yang dibutuhkan untuk website kafe.
- Mengelola akses data dan keamanan sistem dengan mengimplementasikan otorisasi dan autentikasi yang tepat.
- Memastikan skalabilitas aplikasi dengan mempertimbangkan pertumbuhan pengguna dan volume transaksi yang diantisipasi.
- Membangun dan mendokumentasikan API yang jelas dan mudah digunakan oleh klien front end.
5. Mobile Developer:
- Merancang dan mengembangkan aplikasi seluler yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh tim UI/UX dan Product Owner.
- Menjaga konsistensi antara versi seluler dan versi web dari aplikasi, jika keduanya ada.
- Memperhatikan kinerja dan penggunaan sumber daya pada perangkat seluler untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal.
- Berkolaborasi dengan tim back end untuk memastikan integritas data dan fungsionalitas antarmuka pengguna.
6. UI/UX Team:
- Melakukan riset pasar dan analisis pengguna untuk memahami kebutuhan dan preferensi target pengguna.
- Membuat wireframe, mockup, dan prototipe interaktif untuk menggambarkan alur pengguna dan desain antarmuka.
- Mengembangkan pedoman desain yang konsisten untuk memastikan kualitas dan keseragaman antarmuka pengguna di semua platform.
- Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk memastikan implementasi desain sesuai dengan visi dan spesifikasi yang telah ditetapkan.
0 Komentar