Tugas 11 Proyek Pemrograman

1. Scrum Master:

   - Memastikan tim memahami dan mengikuti praktik Scrum dengan benar, serta memberikan bimbingan jika diperlukan.

   - Membantu tim untuk menyelesaikan tugas-tugas sprint dengan menghilangkan hambatan dan mengatur sumber daya yang diperlukan.

   - Memfasilitasi diskusi dan perdebatan dalam tim untuk mencapai kesepakatan tentang cara terbaik untuk melanjutkan.

   - Melakukan pemantauan terhadap kemajuan sprint dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan proses.


2. Product Owner:

   - Mengembangkan dan mempertahankan visi produk, serta mengkomunikasikannya secara jelas kepada tim pengembangan.

   - Berinteraksi secara aktif dengan pemangku kepentingan untuk memahami kebutuhan mereka dan menggambarkannya sebagai elemen backlog produk.

   - Mengatur prioritas untuk item-item backlog berdasarkan pada nilai bisnis dan kebutuhan pelanggan.

   - Berpartisipasi dalam setiap pertemuan sprint untuk memberikan klarifikasi dan umpan balik atas fitur-fitur yang dikembangkan.


3. Front End Developer:

   - Menerjemahkan desain UI/UX menjadi kode-kode yang dapat dijalankan di browser, dengan fokus pada kualitas tampilan dan responsifitas.

   - Mengoptimalkan kinerja website melalui teknik-teknik seperti lazy loading, kompresi gambar, dan caching.

   - Menjaga konsistensi antarmuka pengguna dengan menggunakan prinsip-prinsip desain dan gaya yang telah ditetapkan.

   - Berkolaborasi dengan tim back end untuk mengintegrasikan antarmuka pengguna dengan logika bisnis dan basis data.


4. Back End Developer: Brian Bintg

   - Merancang, mengembangkan, dan memelihara server, basis data, dan logika bisnis yang dibutuhkan untuk website kafe.

   - Mengelola akses data dan keamanan sistem dengan mengimplementasikan otorisasi dan autentikasi yang tepat.

   - Memastikan skalabilitas aplikasi dengan mempertimbangkan pertumbuhan pengguna dan volume transaksi yang diantisipasi.

   - Membangun dan mendokumentasikan API yang jelas dan mudah digunakan oleh klien front end.


5. Mobile Developer:

   - Merancang dan mengembangkan aplikasi seluler yang sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh tim UI/UX dan Product Owner.

   - Menjaga konsistensi antara versi seluler dan versi web dari aplikasi, jika keduanya ada.

   - Memperhatikan kinerja dan penggunaan sumber daya pada perangkat seluler untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

   - Berkolaborasi dengan tim back end untuk memastikan integritas data dan fungsionalitas antarmuka pengguna.


6. UI/UX Team:

   - Melakukan riset pasar dan analisis pengguna untuk memahami kebutuhan dan preferensi target pengguna.

   - Membuat wireframe, mockup, dan prototipe interaktif untuk menggambarkan alur pengguna dan desain antarmuka.

   - Mengembangkan pedoman desain yang konsisten untuk memastikan kualitas dan keseragaman antarmuka pengguna di semua platform.

   - Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk memastikan implementasi desain sesuai dengan visi dan spesifikasi yang telah ditetapkan.