Bahasa IndonesiaTugas Paragraf
Nama : Brian Bintang Chahya
NIM : 21.11.4195
A. Berilah masing-masing 1 contoh Paragraf pada :
1. Sebab Akibat
2. Perbandingan dan Pertentangan
3. Pengisahan
4. Klimaks dan Antiklimaks
5. Analogi
Jawab
1. Sebab Akibat:
Sebab hujan deras semalam, sekolah harus ditutup hari ini. Genangan air di sekitar halaman
sekolah membuat akses sulit dilalui, sehingga untuk keamanan siswa dan guru, keputusan penutupan
pun diambil.
2. Perbandingan dan Pertentangan:
Meskipun kedua kandidat memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, perbedaan gaya
kepemimpinan mereka sangat mencolok. Kandidat A cenderung mengedepankan pendekatan
kolaboratif, sementara Kandidat B lebih memilih gaya kepemimpinan otoriter.
3. Pengisahan:
Pada suatu sore yang cerah di desa kecil itu, anak-anak bermain di lapangan rumput hijau. Tiba-
tiba, muncul seorang pria tua dengan cerita-cerita menarik tentang petualangan di masa mudanya,
memikat pendengar dengan detail yang memukau.
4. Klimaks dan Antiklimaks:
Ketika para peneliti menemukan vaksin yang efektif untuk penyakit yang selama ini meresahkan,
harapan tumbuh di seluruh dunia. Namun, ketika distribusi vaksin menghadapi kendala logistik yang
serius, euforia awal pun beralih menjadi kecemasan dan frustrasi.
5. Analogi:
Kebahagiaan adalah seperti bunga yang tumbuh di taman hati kita. Seperti bunga yang
memerlukan air dan sinar matahari, kebahagiaan membutuhkan perhatian dan positivitas untuk
mekar dengan indah.
B. Buat kerangka paragraf yang terdiri dari : pikiran utama, pikiran penjelas, kemudian
kembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah paragraf.
Kerangka Paragraf:
1. Pikiran Utama:
Keterampilan Manajemen Waktu Kunci untuk Kesuksesan Belajar.
2. Pikiran Penjelas:
a. Mengelola Tugas dan Prioritas.
b. Menghindari Prokrastinasi.
c. Membuat Jadwal yang Efektif.
Paragraf:
Keterampilan manajemen waktu merupakan aspek kunci yang dapat membantu mahasiswa
mencapai kesuksesan dalam proses belajar. Salah satu elemen utama dari manajemen waktu ini
adalah kemampuan untuk mengelola tugas dan menetapkan prioritas dengan bijak. Dengan
menyusun daftar tugas dan menilai urgensi serta pentingnya masing-masing, mahasiswa dapat fokus
pada pekerjaan yang memerlukan perhatian paling mendesak. Selain itu, menghindari
kecenderungan untuk prokrastinasi juga memainkan peran penting dalam manajemen waktu yang
efektif. Prokrastinasi cenderung menghambat kemajuan dan meningkatkan tingkat stres. Oleh karena
itu, mahasiswa perlu mengembangkan disiplin diri untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Terakhir,
membuat jadwal yang efektif merupakan strategi lain yang dapat membantu mengoptimalkan
penggunaan waktu. Dengan menyusun jadwal yang realistis dan mematuhi jadwal tersebut,
mahasiswa dapat mencapai efisiensi dalam belajar, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan hasil
akademis mereka secara keseluruhan. Dengan memahami dan mengimplementasikan keterampilan
manajemen waktu ini, mahasiswa dapat membuka pintu menuju kesuksesan dalam perjalanan
belajar mereka.
0 Komentar